Pembatik

Sabtu, 22 Oktober 2022

VLOG PEMBATIK LEVEL 4 MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY

 

Hari ini merupakan hari dimana saya sebagai sahabat rumah belajar Kalimantan Tengah Tahun 2022, melaksanakan kegatan vlog pembuatan video pembelajaran. Saya Adi Nugroho, S.Pd Guru Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah. Tanggal 17 oktober 2022 ini ada kegiatan pembuatan Video Praktik Baik yang akan saya lakukan dengan Peserta didik dari SDN 1 Gandis. 

Senin pagi ini sangat cerah dengan udara segar yang mengitari desa, saya duduk di ruang kelas empat menunggu gerombolan peserta didik untuk berangkat menuju sekolah tercinta sambil melihat orang-orang yang sedang memancing dipinggir kali. Tidak menunggu lama peserta didik yang kutunggu berangkat sekolah, walupun jumlah siswa tidak sebanyak didaerah kota, walaupun Gedung belajar hanya tertutup kayu saja, walaupun sekolah yang saya ajar harus melewat hutan dan rawa, namun itulah yang aku suka Ketika mengajar didesa, untuk membuat video yang bagus.

Hari ini lokasi pembuatan video di salah satu ruang kecil yang ada di sekolah, Pembuatan Video kali ini dibantu oleh bapak Dian Mahesa kebetulan salah satu teman akrabku sehingga memudahkan kami melakukan kegiatan pembuatan video vlog praktik baik ini.

Sebelum memulai acara kami melakukan briefing bersama Kepala sekolah, rekan-rekan guru serta peserta didik dan berdoa bersama, kami langsung merekam kegiatan yang dibutuhkan. Alhamdulillah kegiatan saya banyak yang mensuport. Sebuah tantangan baru untuk berbicara secara luwes didepan kamera adalah tantangan pertama yang harus saya lalui tapi ini tidak menjadi hambatan bagi saya karena saya sedikit punya modal telah berlatih membuat video selama panddemi covid-19.

Tema besar pembuatan video ini yaitu Penerapan Pembelajaran Kolaboratif Teams Games Tournament Pada Pembelajaran Bagian Tubuh Tumbuhan Dengan Memanfaatkan Augment Reality Di Portal Rumah Belajar Terintegrasi Kearifan Lokal. Nah untuk video yang pertama diambil adalah mengenai penjelasan Pembelajaran praktik baik yang saya lakukan di sekolah. Kemudian pengambilan video kedua yaitu penggunaan AR untuk pembelajaran yang asik, menarik serta menyenangkan. Kemudian pengambilan video terakhir yaitu membuat praktik dengan memnfaatkan kearifan lokal di daerah Kotawaringin Barat Khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah kita tahu bahwa kearifan lokal di Kalimantan sangat banyak sekali untuk itu saya terapkan sebagai pembelajaran dan saya buat sebagai dokumentasi video yang bagus dengan bermodalkan HP kentang-kentang.

saya sangat bangga dengan peserta didik SDN 1 Gandis mereka sekarang paham bentul mengenai pemanfaatan kearifan lokal dikampung ini benar-benar membuat saya sangat bahagia, mereka memiliki semangat yang tinggi untuk belajar. Dengan kegiatan Pembatik Level 4 ini  memberikan pelajar hidup secara langsung dengan adanya praktik baik di sekolah ini.

Sebenarnya Tugas Akhirnya dari pusdatin adalah Peserta wajib mengerjakan tugas akhir berupa pembuatan Vlog, Pembuatn Blog dan Sosialisasi Tatap Maya/ Tatap Muka (Jika memungkinkan). dan alhamdulillah setelah perjalanan Panjang dan pengeditan video sing dan malam, akhirnya video vlog praktik baik terupload ke kanal youtub. Semua kegiatan dapat diikuti melalui blog ini, termasuk vlog yang dapat diakses melalui tautan : https://www.youtube.com/watch?v=BHuzEIoPmMA


Setelah Selesai acara pembuatan Video vlog pembelajaran, Saya mengucapkan terimaksih kepada kepala sekolah yang telah mendukung terselesikanya acara pembuatan video dan banyak membantu dalam menyelesaikan kegiatan ini , tak lupa tentunya kepada anak-anak yang hebat SDN 1 Gandis saya ucapkan terimakasih juga, atas kerja samanya.

Saya bersyukur apa yang saya lakukan sudah maksimal, tinggal menunggu hasil Keputusan dari PUSDATIN sebagai penilai. Saya hanya bisa berdoa bisa menjadi DRB Terbaik Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2022. Aamiin




Pemanfaatan Fitur Augmented Reality Dalam Pembelajaran Kelas IV Materi Bagian Tubuh Tumbuhan

M edia pembelajaran selalu berkembang mengikuti eranya ditambah lagi setelah adanya pandemi Covid-19, pemanfaatan TIK dalam pembelajaran me...